Chat with us, powered by LiveChat

WORKSHOP TP-TGR INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

inspektorat Berita

Inspektorat- Untuk menghindari terjadinya kerugian daerah akibat tindakan melanggar hukum atau kelalaian seseorang/bendahara, maka Inspektorat Kota Salatiga melaksanakan workshop Tuntutan Perbendaharaan – Tuntutan Ganti Rugi Keuangan dan Barang Daerah yang diselenggarakan pada hari Selasa, 12 November 2019.

Peserta yang hadir adalah kepala OPD se-Kota Salatiga, Bendahara OPD se-Kota Salatiga serta Rekanan yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Salatiga.

Latar belakang Tuntutan Perbendaharaan – Tuntutan Ganti Rugi (TP-TGR) secara yuridis didasarkan pada tiga paket undang-undang yaitu UU 17/2003 tentang Keuangan Negara, UU 1/2004 tentang Perbendaharaan Negara dan UU 15/2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung jawab Keuangan Negara.

Dalam kegiatan tersebut, Inspektur Kota Salatiga, Ir. Kurnia Hardjanti, M.Si berkesempatan untuk memaparkan beberapa materi tentang Penyusunan Naskah Akademik dan Rancangan Peraturan Daerah Kota Salatiga tentang Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi Keuangan dan Barang Daerah antaralain mengenai bentuk kerugian daerah yang dapat dilakukan oleh bendahara, pegawai negeri bukan bendahara, pejabat serta pihak lain. Sebagaimana dimaksud dalam pasal 20 ayat (2) huruf B, dilakukan atas dasar perhitungan oleh Bendahara kepada Walikota sesuai SKTJM.

Atas permasalahan tersebut, disampaikan oleh narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah bahwa penyelesaian kerugian dalam ranah hukum pidana dan dalam ranah hukum administrasi merupakan perbuatan hukum di dalam dua ranah hukum yang tidak dapat saling menghapuskan atau mengitervensi, sehingga tuntutan terhadap ranah hukum pidana maupun administrasi tetap dapat dilaksanakan masing-masing sesuai kewenangannya, sanksi yang diberikan kepada pihak yang tidak memenuhi kewajibannya adalah hukum administrasi dan pidana, sementara ketika pihak yang bersalah sudah menjalani kedua hukuman tersebut maka tidak ada lagi alat memaksa. (/rn)

You May Also Like..

SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TEGALREJO SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TEGALREJO SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

Kamis, 10 September 2020, Klinik Konsultasi Inspektorat disambangi oleh SDN 01 Tegalrejo Kota Salatiga untuk ngangsu kawruh kaitannya dengan cara […]

APEL PERDANA SLAMET SETYO BUDI, SE., M.Acc sebagai INSPEKTUR KOTA SALATIGA

APEL PERDANA SLAMET SETYO BUDI, SE., M.Acc sebagai INSPEKTUR KOTA SALATIGA

Senin, 07 September 2020 bertempat di Halaman Kantor Inspektorat Kota Salatiga, Slamet Setyo Budi, SE., M.Acc menjadi pengambil apel perdana […]

DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN SMPN 5 KOTA SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN SMPN 5 KOTA SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

Rabu, 02 September 2020, Klinik Konsultasi Inspektorat disambangi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan SMPN 5 Kota Salatiga untuk ngangsu kawruh. […]