Chat with us, powered by LiveChat

WORKSHOP SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP)

Inspektorat Kota Salatiga mengadakan Workshop Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah se-Kota Salatiga yang diadakan di Wisma MM UGM, Yogyakarta, Jl. Colombo No 1, Karang Malang Catur Tunggal, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, selama 2 (dua) hari dari tanggal 23 April 2019 sampai dengan 24 April 2019.

Acara Workshop pada hari Senin (23/4) dibuka oleh Walikota Salatiga yang pada kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Salatiga, Drs. Fakruroji. Dalam sambutannya, Drs. Fakruroji menyampaikan apresiasinya diadakan workshop. Diharapkan OPD yang mengikuti acara workshop ini dapat meningkatkan pemahanan bagi Satgas SPIP OPD sehingga dapat meningkatkan nilai maturitas SPIP di Lingkungan Pemerintah Kota Salatiga.

“Pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah/ Pemerintah Kota Salatiga bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan” terangnya.

Kegiatan ini diisi dengan materi dan juga praktik yang disampaikan oleh Auditor BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yaitu Amelya M. Bouato, SE dan Titiek Fujiyanti, SE serta dihadiri oleh peserta perwakilan dari OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Salatiga sebanyak 100 orang.

“Sebagai contoh setiap OPD menyusun laporan keuangan yang nantinya akan dikompilasi oleh Badan Keuangan Daerah Kota Salatiga yang selanjutnya akan di reviu oleh Inspektorat Kota Salatiga sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) sehingga mampu menghasilkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang berkualitas” ujarnya.

Beberapa materi yang diberikan oleh Auditor BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah antara lain yaitu tentang teknik penilaian resiko level kegiatan, Control Self Assesment (CSA), serta Control Environment Evaluation (CEE).

Setelah acara ini selesai, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bagi satgas SPIP sehingga dapat menerapkan SPIP dengan baik di unit kerjanya masing-masing. (/rn)