Chat with us, powered by LiveChat

Visi dan Misi

Visi dan Misi Inspektorat Kota Salatiga

Dalam menjalankan tugas sebagai Inspektorat Kota Salatiga dan tugas pokok dan fungsi sebagai sebuah lembaga yang membantu Walikota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang pengawasan daerah, Inspektorat Kota Salatiga membangun sebuah visi yang sama dengan Walikota dan Wakil Walikota Salatiga yaitu

“Salatiga Hati Beriman yang SMART”.

Dalam visi tersebut maksud Hati Beriman mengandung arti “ Sejiwa dengan Sila I Pancasila Ketuhunan Maha Esa maka setiap penduduk/warga kota Salatiga adalah insan yang percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa menurut Agama dan Kepercayaan masing-masing”.

Hati yang SMART adalah Sejahtera, Mandiri dan Bermartabat. Sejahtera mempunyai arti meningkatkan pemenuhan kebutuhan layanan dasar, fasilitas umum, pelayanan publik dan pembangunan berwawasan lingkungan. Mandiri mengandung arti mewujudkan Kota Salatiga sebagai pusat kegiatan masyarakat yang berkemampuan serta berperan aktif dalam pembangunan, yang dilandasi oleh jiwa dan semangat kewirausahaan untuk meningkatkan potensi dan daya saing daerah. Didalam keseluruhan makna dimaksud, mandiri juga mengandung arti melestarikan nilai-nilai kearifan lokal dan mengutamakan keselarasan pembangunan, toleransi, dan hubungan antar pemangku kepentingan. Bermartabat untuk mewujudkan Kota Salatiga sebagai pusat penyelenggaraan pemerintahan yang tunduk pada prinsip-prinsip tata pemerintahan yang bersih, profesional, berwibawa, demokratis, menjunjung tinggi supremasi hukum dan penghormatan yang tinggi terhadap hak asasi manusia.

Untuk dapat mewujudkan visi sebagaimana dimaksud, maka misi yang dibangun adalah :

“Meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik (good governance)”.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, yang dimaksud dengan misi merupakan rumusan umum mengenai upaya-upaya yang dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Rumusan misi menjadi kerangka bagi tujuan dan sasaran serta arah kebijakan yang ingin dicapai dan menentukan jalan yang akan ditempuh untuk mencapai visi pembangunan Kota Salatiga tahun 2017-2022.