Chat with us, powered by LiveChat

PELATIHAN KANTOR SENDIRI (PKS) TENTANG PENERAPAN SISTIM AKUNTABILITAS KINERJA PEMERINTAH

inspektorat Berita

Inspektorat – Inspektorat Kota Salatiga mengadakan Pelatihan Kantor Sendiri bagi seluruh Pegawai ASN di Lingkungan Inspektorat Kota Salatiga yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 2 s.d 3 Maret 2020 di Ruang Obyektivitas, dengan materi Evaluasi Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan E-SAKIP.

Materi disampaikan oleh Narasumber dari Provinsi Jawa Tengah yaitu Endah Ratnawati, SE., MM (P2UPD Madya) dan Achmad Antoni, ST ( Staf Teknis Irbansus).

Pada hari pertama pelatihan disampaikan tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dimana pada awal paparannya disampaikan tentang tujuan Evaluasi SAKIP yaitu untuk membangun Pemerintah yang Akuntabel dan Terukur. Nilai akuntabilitas kinerja mengidentifikasi kemampuan instansi pemerintah salah satunya untuk merencakan kinerja dan target kinerja, dimana Pemerintah Kota Salatiga pada Tahun 2019 telah berhasil meraih Nilai SAKIP sebesar 64,15 dengan capaian B.

Pada kesempatan pertemuan ini disampaikan pula ada beberapa penerapan manajemen pada kinerja yaitu adanya budaya kinerja, Sumber Daya Manusia, Organisasi, Efektifitas Kinerja, Efisiensi Anggaran, serta Tata laksana untuk menuju penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran.Menurut Presiden RI Joko Widodo ‘Jokowi’, “Setiap rupiah yang keluar dari APBN, semuanya harus kita pastikan memiliki manfaat ekonomi, memberikan manfaat untuk rakyat, meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat”. Pada pelaksanaan SAKIP untuk menjaga obyektivitas proses dan penilaian hasil evaluasi maka diperlukan pula reviu berjenjang.

Pada Hari kedua Pelatihan disampaikan materi tentang Best Practice Evaluasi SAKIP yang salah satunya untuk memperoleh informasi tentang impelementasi SAKIP. Selain itu disampaikan pula tentang Contoh Cascading Kinerja DKK yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan sasaran terpenuhinya pelayanan kesehatan dasar dan rujukan yang berkualitas serta upaya pencegahan dan promosi kesehatan. Pada pertemuan hari kedua ditutup dengan penyampaian tentang Rencana Aksi dan dibagikan formulir tentang Rencana Aksi. (/rn).

You May Also Like..

SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TEGALREJO SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TEGALREJO SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

Kamis, 10 September 2020, Klinik Konsultasi Inspektorat disambangi oleh SDN 01 Tegalrejo Kota Salatiga untuk ngangsu kawruh kaitannya dengan cara […]

APEL PERDANA SLAMET SETYO BUDI, SE., M.Acc sebagai INSPEKTUR KOTA SALATIGA

APEL PERDANA SLAMET SETYO BUDI, SE., M.Acc sebagai INSPEKTUR KOTA SALATIGA

Senin, 07 September 2020 bertempat di Halaman Kantor Inspektorat Kota Salatiga, Slamet Setyo Budi, SE., M.Acc menjadi pengambil apel perdana […]

DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN SMPN 5 KOTA SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN SMPN 5 KOTA SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

Rabu, 02 September 2020, Klinik Konsultasi Inspektorat disambangi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan SMPN 5 Kota Salatiga untuk ngangsu kawruh. […]