Chat with us, powered by LiveChat

KUNJUNGAN INSPEKTORAT PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR KE INSPEKTORAT KOTA SALATIGA DALAM RANGKA KONSULTASI TERKAIT SPIP

Inspektorat- Inspektorat Kota Salatiga menerima study banding dari Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur (Selasa, 01/10). Bapak Satya Pambudi selaku Kabid Ekonomi pada Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur beserta beberapa perwakilan auditor diterima oleh Sekretaris pada Inspektorat Kota Salatiga, Drs. Farid Hadi Prastowo beserta beberapa perwakilan auditor dari Inspektorat Kota Salatiga.

Maksud dari kunjungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur adalah dalam rangka study banding Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Drs. Farid Hadi Prastowo menjelaskan tentang nilai SPIP di Pemerintah Kota Salatiga mempunyai dua sub unsur yang dimulai dengan melihat kesesuaian antara tujuan kegiatan yang dilaksanakan instansi pemerintah dengan sasarannya, serta kesesuaian dengan tujuan strategik yang ditetapkan pemerintah. Setelah penetapan tujuan, instansi pemerintah melakukan identifikasi risiko atau risiko intern dan ekstern yang dapat mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan tersebut, kemudian menganalisis risiko yang memiliki probability kejadian dan dampak yang sangat tinggi sampai dengan risiko yang sangat rendah.

Rombongan dari Inspektorat Provinsi Kalimantan Timur sangat berterimakasih karena telah mendapatkan banyak informasi tentang pelaksanaan SPIP di Pemerintah Kota Salatiga dan pelaksanaan Audit Kinerja yang telah dilaksanakan oleh Inspektorat Kota Salatiga yang nantinya akan digunakan sebagai bahan peningkatan kinerja pengawasan di Inspektorat Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.