Chat with us, powered by LiveChat

INSPEKTORAT KOTA SALATIGA MENERIMA KUNJUNGAN KERJA DARI INSPEKTORAT KOTA CIREBON TERKAIT PENINGKATAN KAPABILITAS APIP

inspektorat Berita

Inspektorat- Inspektorat Kota Salatiga menerima kunjungan kerja dari Inspektorat Kota Cirebon dalam rangka  study banding Peningkatan Kapabilitas APIP. (Jum’at, 28/02).

Dalam kunjungan tersebut Inspektorat Kota Cirebon di pimpin langsung oleh Inspektur Kota Cirebon, Asep Dedi dengan membawa 11 (sebelas) orang dari Tim Kapabilitas Apip Inspektorat Kota Cirebon yang terdiri dari Sekretaris, Inspektur Pembantu, Auditor, Pengawas Pemerintahan beserta Staf Fungsional diterima oleh Drs. Farid Hadi Prastowo selaku P2UPD Madya di Inspektorat Kota Salatiga yang mewakili Inspektur Kota Salatiga didampingi oleh Inspektur Pembantu I, Inspektur Pembantu II, Auditor, Pengawas Pemerintahan, Auditor Kepegawaian, Kasubbag Kepegawaian dan Kasubbag Perencanaan.

Inspektorat Kota Cirebon melakukan study banding tentang Peningkatan Kapabilitas APIP yang meliputi capaian maturitas dan kapabilitas di Inspektorat Kota Salatiga yang merupakan wilayah ketiga setelah Inspektorat Kabupaten Demak dan Inspektorat Provinsi Jawa Tengah.

Beberapa hal yang menjadi perhatian dari Inspektorat Kota Cirebon antaralain PKPT Berbasis Risiko, Audit Kinerja, Pedoman Audit, Pelaksanaan Penugasan, SOP Pengawasan dan tentunya proses Pemcapaian Maturitas dan Kapabilitas Kota Salatiga yang sudah berada pada Level 3 penuh.

Drs. Farid Hadi Prastowo menjelaskan untuk mencapai level 3 penuh tersebut, banyak proses yang dilalui dan dilaksanakan seperti sejak tahun 2016 sudah memulai dengan workshop SPIP bagi Kepala OPD dan Sekretaris, Tahun 2017 melakukan Pendampingan untuk 10 OPD terpilih dengan mengundang BPKP, Tahun 2018 melaksanakan Workshop dan Penyusunan RTP bagi Kasubbag Perencanaan dan Keuangan, sedangkan pada Tahun 2019 diadakan kegiatan Workshop Penyusunan Register bagi Pejabat Perencana dan Bidang Pemilik Risiko.

Terkait Kapabilitas APIP, proses dimulai dengan pembentukan Tim Peningkatan Kapabilitas dengan pembagian tugas, Peltihan melalui PKS dengan mengundang Narasumber dari BPKP serta Internalisasi terhadap Infrastruktur Kapabilitas APIP kepada seluruh personil APIP.

Inspektur Kota Cirebon, Asep Dedi, dalam kesempatan kunjungan ini juga menyampaikan jika dengan kondisi wilayah Kota Cirebon yang hampir sama dengan Kota Salatiga, maka tidak keliru jika berkunjung dan sharing dengan Inspektorat Kota Salatiga untuk melakukan kiat-kiat agar dapat mencapai level 3. (/rn)

You May Also Like..

SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TEGALREJO SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TEGALREJO SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

Kamis, 10 September 2020, Klinik Konsultasi Inspektorat disambangi oleh SDN 01 Tegalrejo Kota Salatiga untuk ngangsu kawruh kaitannya dengan cara […]

APEL PERDANA SLAMET SETYO BUDI, SE., M.Acc sebagai INSPEKTUR KOTA SALATIGA

APEL PERDANA SLAMET SETYO BUDI, SE., M.Acc sebagai INSPEKTUR KOTA SALATIGA

Senin, 07 September 2020 bertempat di Halaman Kantor Inspektorat Kota Salatiga, Slamet Setyo Budi, SE., M.Acc menjadi pengambil apel perdana […]

DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN SMPN 5 KOTA SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN SMPN 5 KOTA SALATIGA KUNJUNGI KLINIK KONSULTASI INSPEKTORAT KOTA SALATIGA

Rabu, 02 September 2020, Klinik Konsultasi Inspektorat disambangi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan SMPN 5 Kota Salatiga untuk ngangsu kawruh. […]